SELAMAT DATANG DI BLOG KONSUIL

Jamuan Makan Malam Dari KONSUIL Wilayah Sulselbar Bersama Sekretaris KONSUIL Pusat Di RM Ulu Juku Makasar

Photo : Kiri – Kanan 

Bpk. H. Samsuddin Djoha (Kepala KONSUIL Wilayah Sulselbar), Bpk. Mustamin (Kepala Bagian Teknik & Operasi KONSUIL Wilayah Sulselbar), Bpk. Jhonson Martin (Sekretaris KONSUIL Pusat), Bpk. Sukirno (Kepala Bagian Manajemen Mutu & Sertifikasi KONSUIL Wilayah Sulselbar) 

Jamuan Makan Malam dari Pengurus KONSUIL Wilayah Sulsebar bersama Sekretaris KONSUIL Pusat pada hari Kamis tanggal 16 Mei 2013 jam 19.12 – 20.16 Wita di Rumah Makan Ulu Juku – Jl. Racing Centre No. 99 A Makasar 

Sekretaris KONSUIL Pusat transit di Makasar yang sebelumnya dari Mamuju dan malam jam 21.30 Wita kembali ke Jakarta, dalam pertemuan tersebut membahas mekanisme dan tata cara pemandirian KONSUIL Area menjadi KONSUIL Wilayah Sulawesi Barat dan info perihal Fit & Proper Test di Mamuju
 

Rumah Makan Ulu Juku 

Kelezatan Masakan Berpadu dengan Kemewahan Ornamen Ruangan

RUMAH Makan Ulu Juku, selama ini identik dengan Jln. A. P. Pettarani dan Jln. Abd. Daeng Sirua, Makassar. Bagi penikmat masakan khas kepala ikan, dua rumah makan tersebut menjadi tongkrongan favorit memanjakan lidah. 

Tetapi, jangan terkecoh saat Anda menyambangi kedua lokasi tersebut. Sebab, tak ada lagi tanda-tanda keberadaan rumah makan itu di kedua tempat tadi. Ya, terhitung sejak 27 Juni 2010 lalu, Rumah Makan Ulu Juku berpindah ke Jln. Racing Centre, menempati bangunan baru berlantai lima dengan lahan seluas 1.500 meter persegi. 

“Alhamdulillah, kita bisa menempati gedung baru lebih awal. Tentunya, selain menawarkan aneka menu masakan, kami juga mencoba menghadirkan kenyamanan bagi pengunjung,” tutur Ahmad Hidayat, salah seorang pengelola RM Ulu Juku kepada Supershop Magazine, Sabtu 24 September 2010 lalu. 

Menurut Ahmad, berbeda dengan dua rumah makan sebelumnya, di gedung baru tersebut menyajikan menu yang lebih beragam dengan fasilitas yang lengkap. Di lantai dasar, kata dia, terdapat lokasi produksi roti dengan brand Roti Daeng Cap Pantai Losari. 

“Sedikitnya ada 48 jenis roti yang diproduksi dengan berbagai pilihan rasa yang berbeda, dan dipasarkan di rumah makan maupun di kantor-kantor,” ujarnya.


Sementara lantai I, merupakan gedung RM Ulu Juku dengan berbagai masakan khas kepala ikan, seperti pallumara ulu juku, gulai ulu juku, sup ulu juku dan goreng ulu juku. Untuk lantai II, merupakan gedung RM Angkasa Nikmat dengan menu yang lebih beragam, mulai dari masakan tradisional, nasional hingga Internasional. 

Selain menyuguhkan kelezatan racikan masakan, pengunjung pun dibuat betah dengan keindahan desain interior dan ornamen ruangan dari marmer. Mulai dari kursi, meja, dapur hingga meja kasir. Di setiap lantai, ditata dengan ornamen ruangan yang berbeda dan unik. 

“Untuk lantai III sampai V, juga tersedia ruang meeting untuk rapat-rapat instansi, gedung serbaguna dengan live music serta ruang karaoke,” imbuh Ahmad. 

Cita Rasa Khas 

Dari segi masakan, kata Ahmad, Ulu Juku mengandalkan bahan dengan kualitas ekspor. Kepala ikan disuplai dari perusahaan pengekspor ikan.



“Kami memang telah sejak lama bekerjasama dengan beberapa perusahaan ekspor ikan. Untuk ekspor, biasanya mereka hanya menjual dagingnya saja dan kepala ikan yang masih segar itulah yang kami beli,” jelas Ahmad. 

Tak kalah penting adalah menjaga cita rasa. Sebab, kata Ahmad, bisnis kuliner intinya adalah menjual rasa. “Boleh saja di tempat lain ada rumah makan yang juga menghidangkan masakan ulu juku. Namun dari segi rasa tentu saja beda. Kami punya cita rasa yang khas,” ujarnya. Merintis dari Bangku Kuliah 

KISAH sukses Rumah Makan Ulu Juku, bermula dari tahun 2000 lalu. Empat orang mahasiswa yang saat itu sementara menimba ilmu, ‘terusik’ untuk mencoba berbisnis kuliner. Mereka, yakni Ahmad Hidayat, Rahmin Nurma, Nursida dan Najamuddin, kemudian membuka warung bakso di bilangan Jln. Abd. Daeng Sirua, Makassar. 

Tetapi, di tahun 2005 mereka ‘banting setir’ dan tertantang merintis rumah makan yang menyajikan menu lokal khas Makassar, yakni makanan berbahan dasar kepala ikan. Keputusan tepat, respon penikmat kuliner pun cukup tinggi. Mereka pun kemudian membuka cabang di bilangan Jln. A. P. Pettarani. 

Selang lima tahun, tepatnya Juni 2010, obsesi mereka pun terwujud. Dengan bangunan berlantai lima yang notabene milik sendiri di Jln. Racing Centre, mereka menghadirkan rumah makan yang tak sekadar menyajikan aneka masakan, tetapi beragam fasilitas yang komplit, seperti ruang meeting, entertainment, dan desain interior yang wah. 

Kini, para pemilik pun masing-masing berbagi tugas. Najamuddin menangani bagian quality control, Nursida bagian kasir, Ahmad Hidayat bagian maintenance, Daeng Farid pengawasan secara umum, Ahmad Jusnen bagian personalia dan Suardi di bagian pengadaan bahan masakan. [adi] 

Rumah Makan Ulu Juku 
Alamat : Jln. Racing Centre 99 A Makassar 
Buka : Jam 10.00 – 22.00 (setiap hari) 
Telp. : +62 411 42 1414